Pesan-pesan Error Ketika Gagal Mengakses Situs Internet

Pernahkah Anda gagal dalam mengakses sebuah situs? Tentu sebagian besar dari kita pernah mengalaminya. Pesan error seperti “page not found” sering kita dapati ketika kita gagal mengakses sebuah situs. Selain pesan “page not found” ada lagi pesan-pesan error lainnya yang mungkin kita terima, dengan pesan tersebut kita bisa mengetahui sumber kesalahan dari kegagalan kita mengakses sebuah situs.

Sebelum membahas pesan-pesan error yang kita terima ketika gagal mengakses sebuah situs, kita bahas terlebih dahulu….. beberapa istilah yang ada dalam internet.

Sebuah situs web (website) biasanya terdiri dari halaman-halam situs yang tersusun dari kumpulan file-file di dalamnya. File-file ini bisa berupa file HTML, gambar (JPEG, GIF), audio (MP3), video dan sebagainya. File-file ini disebut data dan disimpan dalam sebuah server atau webserver.

Ketika kita mengakses sebuah situs, sebenarnya kita sedang mengakses atau mencoba “masuk” ke sebuah webserver penyimpan data-data yang ditampilkan situs tersebut. Jika kita berhasil mengaksesnya, komputer kita akan melakukan “request” atau “meminta” data dari server tersebut. Server akan menerima request dan akan mengirimkan data ke komputer kita, jika pengiriman ini berhasil maka di layar komputer kita akan tampil sebuah halaman web. Dalam proses mengakses situs ini, komputer kita disebut “client”.

Dalam kenyataannya, pengiriman data dari server ke client dapat mengalami hambatan, bahkan juga kegagalan. Karena itu muncul pesan-pesan error yang mengindikasikan sumber kegagalan atau sumber permasalahan.

Berikut ini adalah pesan-pesan error yang sering kita jumpai.

400 – Bad Request
Pesan ini berarti server tidak memahami perintah yang diberikan oleh client. Hal ini biasanya terjadi jika terjadi kesalahan atau cacat pada script/programming server. Karenanya yang bisa mengatasi permasalahan ini adalah pihak webmaster situs tersebut.

401 – Unauthorized
Pesan ini berarti Anda tidak memiliki ijin untuk membuka halaman tersebut. Biasanya ada halaman khusus yang memerlukan username dan password khusus untuk membukanya. Untuk membuka halaman ini, anda harus memiliki username dan passwordnya

403 – Forbidden
Pesan error ini berarti halaman web tersebut tidak bisa diakses oleh siapapun (karena memang diatur demikian dari servernya). Atau bisa jadi karena si pemilik situs belum membayar sewa hosting pada perusahaan pemilik server, sehingga server tersebut di blok oleh perusahaan pemilik server. Intinya adalah: situs ini memang tidak bisa di akses.

404 – Not Found
Pesan ini bisa muncul oleh beberapa sebab:

1. Data yang diminta tidak ada, mungkin sebelumnya ada, tetapi sudah dihapus dari server.
2. Anda sedang tidak terhubung dengan internet. Bisa jadi akses internet anda terganggu atau sedang down. Cobalah untuk memeriksa akses internet Anda, jika tidak ada yang salah, coba ulangi untuk mengakses situs tersebut. Bila masih gagal juga, cobalah dilain waktu, kegagalan ini mungkin bersifat sementara. Tetapi jika anda sering mencoba akses tapi gagal, kemungkinan situs atau halaman situs tersebut memang tidak ada.
3. Terjadi kesalahan dalam menuliskan alamat URL. Misalnya: alamat yang benar anda tulis www. telkom.net (dengan spasi antara www. dan telkom) atau anda tulis http://www.telkom,net (dengan tanda koma setelah telkom)

408 – Request TimeoutPesan ini berarti batas waktu yang diberikan server untuk mengakses sudah habis. Setiap server biasanya memiliki batas waktu tertentu untuk mengakses data-datanya. Jika kecepatan akses kita lambat maka kegagalan ini mungkin terjadi.

500 – Internal Server Error
Pesan ini berarti terjadi kesalahan atau masalah dalam server yang sedang diakses. Sebelum permasalahan ini diselesaikan oleh webmaster, kita tidak bisa mengakses situs tersebut.

http://www.telkom.net/tips_detail.php?cid=2&id=490

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: