PCMAV 1.0 Final Release

Akhirnya, setelah dua tahun lamanya, PCMAV 1.0 kini mencapai versi final. PCMAV 1.0 Final Release, secara resmi dirilis ke publik bersamaan dengan terbitnya majalah PC Media 03/2008. Pada versi 1.0 final ini, PCMAV mampu mengenali 1.615 virus beserta variannya, yang dilaporkan banyak menyebar luas di Indonesia.

Selain itu, beberapa fitur baru pun dapat Anda rasakan pada rilis final ini. Diantaranya penggunaan engine ClamAV 0.9x generasi terbaru, fitur perbaikan registry yang rusak atau diubah oleh virus (termasuk mengembalikan ‘Folder Options’ Windows yang banyak dikeluhkan), dan beberapa parameter undocumented yang berguna.

Sementara untuk RealTime Protector (RTP), setelah cukup lama dikembangkan secara rahasia dan melewati uji coba internal, maka RTP kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dengan melakukan optimalisasi dan juga perubahan major pada engine utama, kini RTP berjalan sebagai Windows Service. Ini menghasilkan RTP yang jauh lebih stabil, cepat, dan tentunya dapat berjalan dengan sangat baik pada user account dengan hak akses rendah atau Guest sekalipun.

Semua informasi terbaru seputar versi Final ini, dapat Anda baca secara lengkap pada file README.TXT yang tersedia dalam paket PCMAV. Juga dengan adanya PCMAV 1.0 Final Release ini, maka dukungan online update untuk RC24 telah dihentikan.

APA YANG BARU DI PCMAV 1.0 FINAL RELEASE (CLEANER & REALTIME PROTECTOR)?

  • Ditambahkan, database pengenal dan pembersih 102 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 1.615 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di 1.0 ini oleh engine internal PCMAV.
  • Improvisasi, RTP Final kini berbentuk Windows service yang dapat berjalan di level process. Ini akan menghasilkan RTP yang sangat stabil dibanding RTP Beta sebelumnya yang berjalan di level aplikasi.
  • Improvisasi, setelah diuji coba sejak RC20, maka PCMAV kini dapat menggunakan engine ClamAV seri 0.9x menggantikan seri 0.8x. Dengan seri 0.9x ini, hampir 200.000 virus mampu dideteksi.
  • Improvisasi, setelah sejak lama fitur ini digunakan untuk kepentingan internal (undocumented), maka kini penggunaan parameter fitur yang berguna secara resmi dibuka. Salah satu fitur yang cukup handal adalah mengembalikan registry dan settingan “Tools Folder Options” ke default Windows setelah dirusak virus.
  • Diperbaiki, kesalahan pada rutin inisialisasi VDB yang dapat menyebabkan VDB tidak dapat terbaca jika digunakan bersamaan oleh Cleaner dan RealTime Protector.
  • Optimasi, scan engine khusus untuk pemeriksaan terhadap file autorun.inf yang biasa digunakan virus untuk dapat aktif.
  • Diperbarui, perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  • Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV Cleaner & PCMAV RealTime Protector lebih dari sekadar antivirus biasa.

 

http://virusindonesia.com/2008/02/18/pcmav-10-final-release/#more-176

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: