Penyebaran Virus

By [3]tm

27/02/2008

Tags:

Category: Tutorial

Leave a Comment »

Virus itu sejenis aplikasi, ada juga yang bentuknya script sehingga bisa dijalankan langsung bila kita masuk ke situs tertentu yang biasa jadi sasaran untuk penyebaran virus.

Penyebaran virus bisa melalui flashdisk atau media penyimpanan lainnya seperti disket, cd, dvd, memori card, external hardisk, dll. dengan cara menyelipkan file autorun.inf di dalamnya sehingga disaat fasilitas autoplay windows aktif, aktif juga virusnya karena otomatis di execute atau dibaca oleh komputer.

Penyebaran melalui jaringan disebabkan komputer bervirus mengakses komputer tidak bervirus atau sebaliknya sehingga virus berpindah tempat dan menyebar.

Cara pencegahannya:

  • Pertama, seperti yang pernah disampaikan pada postingan terdahulu dengan mengurangi akses ke dunia luar.
  • Kedua, jangan pernah merasa yakin dahulu dengan keamanan yang ada karena pembuat virus pun pasti ingin Anda berpikir demikian, makanya coba perketat penjagaan komputer Anda dengan antivirus, antispyware, firewall dan lain sebagainya sebagai pencegahan tahap pertama.
  • Ketiga, matikan autoplay dari windows supaya bisa mencegah virus dalam flashdisk atau media penyimpanan lainnya tereksekusi otomatis, tingkatkan penjagaan pada firewall semaksimal mungkin.
  • Keempat, pasang software DeepFreeze untuk menghindari terinstalnya software tanpa kita ketahui.
  • Terakhir kembali kepada user, sebagai user komputer, tetap saja harus kritis dan waspada dalam melakukan aktifitas berkomputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: